Minggu, 31 Oktober 2010

NASA Akan Ledakkan Bulan dengan Roket


Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bersiap meluncurkan misi LCROSS untuk mengebom kutub selatan bulan. Pengeboman itu dilakukan untuk mengetahui keberadaan air di angkasa luar.

Melalui misi LCROSS (Lunar CRater Observing and Sensing Satellite), sebuah roket Centaur dengan kecepatan dua kali laju sebuah peluru akan dikirimkan ke bulan. Roket Centaur akan menyebabkan sebuah lubang terbentuk di permukaan satelit bumi tersebut.

Para ilmuwan mengatakan, ledakan yang ditimbulkan akan cukup kuat untuk menerbangkan serpihan-serpihan permukaan bulan. Serpihan tersebut akan diamati dari Bumi melalui teleskop berukuran 10 hingga 12 inci atau lebih besar dari itu.

Rudal akan menghantam kutub selatan bulan, tempat yang diyakini ilmuwan sebagai lokasi di mana terdapat miliaran ton es yang terjebak. Serpihan itu kemudian akan diperiksa untuk mengetahui jejak-jejak air atau uap air.

Menemukan air di bulan merupakan pencapaian luar biasa untuk membantu misi angkasa luar berikutnya. “Mengirimkan air dan perlengkapan lain dari Bumi ke permukaan bulan sangat mahal,” kata NASA. “Menemukan sumber-sumber alami seperti bongkahan es di bulan bisa memperluas eksplorasi bulan,” ucapnya.

i-Frame